Sabtu, 12 Februari 2011

Kembali ke Alam

Sedang mencanangkan pada diri sendiri untuk melakukan gerakan kembali ke alam. Dimulai dengan memanfaatkan tumbuhan di sekeliling rumah ortu (secara masih nebeng nih, hehe..) dan makan makanan alami yang menyehatkan.


Daun sirih
Pohon sirih ini dulu sengaja kutanam dihalaman belakang, dibawah pohon mangga dan di bawah pohon asam jawa. Karena yang dipohon asan jawa sudah merambat sangat tinggi, daun-daun sirih yang kurebus kuambil dari pohon mangga yang memang sudah ditebang dahan-dahannya sehingga dia tidak merambat jauh kepucuk pohon.

Daun sirih kugunakan untuk obati keputihan. Caranya dengan merebus 15-20 lembar daun sirih dengan sepanci kecil air lalu digunakan untuk cebok ketika air tsb hangat-hangat kuku. Pernah baca kalo merebus tanaman obat gitu kudu pake panci yang tebuat dari tanah or stainles. Coz dirumah adanya panci stainles, jadilah panci itu yang dipakai.
Daun sirih juga bisa digunakan untuk merawat payudara bagi ibu menyusui yang mengalami mastitis (payudara bengkak). Caranya daun sirih dipanaskan dengan cara dipanggang di atas api, lalu selagi panas ditempelkan di payudara yg bengkak tersebut dengan catatan jangan panas banget ya, nti malah gosong :P.

Pepaya
Aku mulai rajin makan pepaya sejak baca di sebuah artikel yang menyatakan bahwa pepaya mengkal bisa untuk alat kontrasepsi dan juga menurunkan berat badan. Caranya dengan dimakan. selain itu pepaya juga berkhasiat menghaluskan kulit dan melancarkan pencernaan.

Kacang Kedelai
karena kacang kedelai dan produk olahannya mengandung antioksidan yang bisa menyehatkan kulit, juga bagus untuk kesehatan karena dapat mencegah kanker prostat untuk pria dan kanker payudara untuk wanita, dan bisa menurunkan lemak tubuh, maka belakangan ini aku mulai rajin memasukkan tempe dalam menu sehari-hari.
Selain itu pengalaman pribadi temanku susu kedelai bisa meningkatkan produksi ASI, so kemarin aku pesen susu kedelai yang berbentuk bubuk dg teman kerjanya temanku tadi biar produksi ASI lancar dan berkualitas bagi adek Gibran.
sumber:
http://asephd.blogdetik.com/index.php/2009/09/15/manfaat-kacang-kedelai/
http://id.shvoong.com/medicine-and-health/nutrition/2082915-kacang-kedelai-benarkah-dapat-menyebabkan/



Pegagan

Aku baru sekitar 5 hari yang lalu mencoba makan pegagan sebagai lalap karena ia berkhasiat untuk meningkatkan daya ingat. Karena aku tinggal di desa, mendapatkan pegagan tidaklah sulit. Asisten rumah tangga kami sering membawakan pegagan yang tumbuh dihalaman rumah orang tuanya.
Rasa daun pegagan itu sedikit sepet campur asam tapi segar dimulut

Sisa Teh Celup
Aku juga memanfaatkan sisa teh celup yang sudah diinapkan semalaman untuk menyegarkan mata. Caranya teh celup tersebut ditempelkan dimata sambil berbaring. Rasanya? segeerrr banget and I think it works!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar